RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP NEGERI 1 CUGENANG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menerapkan hukum bacaan
Qalqalah, Lam dan Ra
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Menjelaskan hukum
bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X
40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami pengertian dan huruf Qalqalah, menjelasakan pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra serta membedakan tafkhim dan tarqiq baik pada lam maupun ra'.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian Qalqalah
- Huruf-huruf Qalqalah
- Lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
- Pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra
- Lafdzu jalalah
- Perbedaan bacaan tafkhim atau tarqiq pada lam dan ra'.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan qalqalah beserta
huruf-hurufnya.
2). Elaborasi
·
Siswa berdiskusi untuk mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan
lafaz-lafaz yang mengandung bacaan qalqalah.
3) Konfirmasi
·
menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok
masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam
KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah.
§
Menjelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan menyebutkan
contoh-contohnya.
§
Menjelaskan pengertian hukum bacaan ra.
§ Menjelaskan macam-macam hukum
bacaan ra dan menyebutkan contoh-contohnya.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
Tes isian
|
§
Jelaskan pengertian qalqalah!
§
Sebutkan huruf-huruf qalqalah!
§
Jelaskan pengertian tafkhim !
§
Jelakan pengertian tarqiq
§
Apakah yang dimaksud lam jalalah!
|
Isilah
dengan jawaban yang tepat !
a TAFKHIM = Jika lafaz mengandung bacaan tafkhim
a TARQIQ = Jika lafaz mengandung bacaan tarqiq
عَذَابُ اللهِ
|
خَزَائِنُ
اللهِ
|
أَلَيْسَ اللهُ
|
مِنْ دُونِ اللهِ
|
قُلِ اللهُ
|
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
5.
|
كَرْبٍ
|
فِرْعَوْنَ
|
زُرْتُمُ
|
وَالْفُرْقَانَ
|
وَاْلأَرْضُ
|
6.
|
7.
|
8.
|
9.
|
10.
|
Cianjur, Juli 2016
Mengetahui :
|
|
Kepala Sekolah
Dra. HENY MULYANI, M.Pd
NIP: 19601110 198803 2 004
|
Guru Mata Pelajaran
DADANG MUSLIHAT, S.Pd.I
NUPTK : 2557758659200022
|
Saran Kepala
Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar