Jumat, 09 September 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP NEGERI 1 CUGENANG
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/1
Standar Kompetensi
:
1. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
Kompetensi Dasar
:
1.1. Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
Alokasi Waktu           
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat memahami pengertian dan huruf Qalqalah, menjelasakan pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra serta membedakan tafkhim dan tarqiq baik pada lam maupun ra'.
  •  
Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )


Materi Pembelajaran   
  • Pengertian Qalqalah
  • Huruf-huruf  Qalqalah
  • Lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
  • Pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra
  • Lafdzu jalalah
  • Perbedaan bacaan tafkhim atau tarqiq pada lam dan ra'.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan qalqalah beserta huruf-hurufnya.

2). Elaborasi
·         Siswa berdiskusi untuk mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan lafaz-lafaz yang mengandung bacaan qalqalah.
3) Konfirmasi
·         menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?




Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII .
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS 
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan menyebutkan contoh-contohnya.
§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan ra.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan menyebutkan contoh-contohnya.
Tes tertulis
Tes uraian
Tes isian

§  Jelaskan pengertian qalqalah!
§  Sebutkan huruf-huruf qalqalah!
§  Jelaskan pengertian tafkhim !
§  Jelakan pengertian tarqiq
§  Apakah yang dimaksud lam jalalah!

Isilah dengan jawaban yang tepat !

a   TAFKHIM           = Jika lafaz mengandung bacaan tafkhim
a   TARQIQ              = Jika lafaz mengandung bacaan tarqiq

عَذَابُ اللهِ
خَزَائِنُ اللهِ
أَلَيْسَ اللهُ
مِنْ دُونِ اللهِ
قُلِ اللهُ
1.
2.
3.
4.
5.
كَرْبٍ
فِرْعَوْنَ
زُرْتُمُ
وَالْفُرْقَانَ
وَاْلأَرْضُ
6.
7.
8.
9.
10.

                                                                                                          Cianjur,     Juli 2016

Mengetahui :
Kepala Sekolah



Dra. HENY MULYANI, M.Pd
NIP: 19601110 198803 2 004
Guru Mata Pelajaran



DADANG MUSLIHAT, S.Pd.I
NUPTK : 2557758659200022


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar